Yuk Ikuti Cara Membuat Chatbot Whatsapp Disini

Cara membuat chatbot whatsapp – WhatsApp saat ini merupakan salah satu aplikasi paling populer dalam kehidupan kita sehari-hari, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Jika kamu menjalankan bisnis online dan berkomunikasi dengan pelanggan kamu melalui WhatsApp, mungkin akan sangat merepotkan jika harus membalas setiap pesan pelanggan satu per satu.

Jika sudah kelebihan, pesan yang masuk pasti bisa menumpuk dan butuh waktu lebih lama untuk menanggapi pesan dari pelanggan. Nah, oleh karena itu, kamu dapat melakukan cara membuat chatbot whatsapp secara otomatis. Bagaimana caranya? Yuk simak baik baik berikut ini:

Apa yang dimaksud dengan WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot atau WA Chatbot adalah sistem AI (kecerdasan buatan) yang membantu kamu membalas pesan pelanggan secara otomatis di WhatsApp. Teknologi ini memungkinkan percakapan yang alami seperti layaknya percakapan dengan manusia.

Chatbot WhatsApp memungkinkan bisnis untuk secara otomatis mengelola percakapan dan keluhan pelanggan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menggunakan chatbot untuk dukungan pelanggan agar dapat dengan cepat menanggapi pertanyaan pelanggan.

Bagaimana Cara Membuat Chatbot WhatsApp?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat chatbot WA:

1. Daftarkan API WhatsApp Business

Untuk menggunakan chatbot WhatsApp, kamu perlu mendaftar ke API WhatsApp dengan mendaftar sebagai Penyedia Solusi Bisnis (BSP) atau mitra WhatsApp bersertifikat. Ada dua alasan penting untuk bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp.

  • Peningkatan akses ke API.
  • Permintaan diproses dalam waktu 1-4 minggu.

2. Verifikasi akun Facebook Business Manager kamu

Sebelum beralih ke API WhatsApp Business, kamu perlu memverifikasi akun Facebook Business Manager kamu. Facebook akan memeriksa integritas data bisnis kamu. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan data-data berikut ini:

  • Nama Perusahaan,
  • URL situs web,
  • domain email
  • Proyek SIUP/NIB/NPWP

Proses verifikasi CEO Facebook biasanya sangat membingungkan bagi beberapa perusahaan. Untuk memudahkan verifikasi, kamu dapat meminta Penyedia Solusi Bisnis (BSP) kamu untuk membantu melakukan verifikasi.

3. Aktifkan nomor WhatsApp kamu dan isi profil kamu

Setelah verifikasi, siapkan nomor telepon yang akan kamu gunakan secara permanen sebagai nomor bisnis kamu. Tkamu centang hijau akan muncul di samping nama perusahaan kamu untuk menunjukkan bahwa API WhatsApp Business telah aktif.

Lengkapi profil WhatsApp kamu dengan memasukkan informasi bisnis secara mendetail yang dapat membantu pelanggan mengenali bisnis kamu. Hal ini juga dapat digunakan sebagai branding untuk bisnis kamu. Tambahkan juga informasi bisnis lainnya seperti jam buka dan katalog produk.

4. Masuk ke panel obrolan Com.com.

Untuk menggunakan chatbot, kamu harus masuk ke akun kamu di panel Com.com. Panel chat ini juga dapat diakses di ponsel dan memberikan kamu informasi tentang profil pelanggan kamu.

5. Rencanakan percakapan yang terjadi

Pastikan chatbot kamu dapat menjawab semua pertanyaan pelanggan kamu. Pikirkan tentang bagaimana chatbot kamu akan melakukan percakapan dengan pelanggan kamu, bahkan jika ada pertanyaan yang tidak dapat mereka jawab. Beberapa pertanyaan berikut akan membantu memandu kamu.

  • Apa tujuan dari chatbot? Apakah ini tentang saran dan fasilitasi pembayaran, atau tentang layanan pelanggan?
  • Jenis percakapan apa yang kamu lakukan dengan pelanggan kamu?
  • Bagaimana reaksi chatbot jika tidak dapat menjawab pertanyaan pelanggan?

api jangan khawatir, di Liputans.com akan membantu kamu membuat alur percakapan untuk chatbot kamu.

6. Kirimkan alur kontak

Sesuai rencana, kamu bisa mulai membuat alur percakapan antara chatbot WA kamu dengan pelanggan. Kamu dapat melihat transkrip percakapan ini di Liputans.com. Saran ini akan membantu kamu menyusun proses kamu sehingga chatbot WhatsApp Business kamu bekerja dengan baik.

Baca Juga: Virtual Assistant freelance jobs

Selain itu, Liputans.com akan membuat alur kontak akhir. Sementara saya bisa melakukan pekerjaan lain. Setelah proses selesai, Liputans.com akan memberi tahu kamu bahwa chatbot WA-nya sudah siap digunakan. Selalu lakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan chatbot kamu berfungsi dengan baik.

Perbaiki kesalahan yang terjadi dan lakukan uji coba lagi. Hal ini membantu kami mencapai chatbot WA berkualitas tinggi yang benar-benar dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Nah, itulah tadi cara membuat chatbot whatsapp. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment